Jepang

GELAR PRESTASI DAN BELA NEGARA 2008

Lomba Bahasa Jepang

Deskripsi Lomba

Lomba kompetensi berbahasa Jepang dilaksanakan dalam bentuk roleplay dan wawancara. Lomba roleplay dan wawancara bertujuan untuk menguji kompetensi peserta/siswa SMK dalam bercakap-cakap dengan menggunakan bahasa Jepang. Lomba kompetensi membaca (yomikata) dan menulis huruf Jepang (shodo) merupakan salah satu bentuk lomba untuk menguji kompetensi pemahaman terhadap budaya Jepang.

Penilaian terhadap lomba kompetensi berbahasa Jepang dilakukan kepada setiap peserta (2orang/tim).

Bobot penilaian untuk 5 tahap lomba, yaitu:

(1) Naskah 5 %

(2) Roleplay 20%

(3) Wawancara 40%

(4) Menulis indah (Shodo) 15%

(5) Membaca Teks (yomikata) 20%.

I. NASKAH SKENARIO ROLEPLAY

Syarat Skenario :

* Skenario percakapan belum pernah dipublikasikan

* Skenario diketik dengan menggunakan hiragana/katakana/ kanji dan huruf latin (berbahasa Jepang dan terjemahannya).

* Skenario memuat :

Nama pemain dengan disertai kode pemeran A atau B.

Durasi waktu penampilan

Teks percakapan

* Penyerahan skenario percakapan paling lambat satu minggu sebelum lomba dilaksanakan untuk diperiksa ke-absahanya oleh panitia. Skenario percakapan (4 rangkap) dikirim kepada panitia:

Dra. Nanis Setyowati, M.Si (HP. 0818 121312)

Gd. E lantai 13 Direktorat Pembinaan SMK

Komplek DEPDIKNAS

Jalan Jenderal Sudirman Senayan Jakarta

Sanksi pelanggaran :

Jika skenario diserahkan lewat dari waktu yang telah ditentukan, maka skenario tidak diberikan nilai atau 0 (Nol Point)

* Jika skenario terdapat penyaduran dari skenario yang terbukti pernah dipublikasikan atau diikuti pada lomba PKS SMK sebelumnya. Atau skenario terbukti menyadur dari buku yang telah dipublukasikan, maka tim dinyatakan gugur.

* Skenario roleplay yang telah masuk sesuai waktu yang ditentukan. Di anggap sesuai dengan materi roleplay yang akan ditampilkan. Jika terjadi perubahan pada materinya akan mendapatkan pengurangan nilai pada permainan roleplay setiap pesertanya/pemainnya.

* Durasi waktu yang tertulis di skenario hendaknya ditepati, jika tidak sesuai akan mempengaruhi nilai pada penampilan roleplay setiap peserftanya/pemainya.

II. ROLE PLAY

Suatu kegiatan bercakap-cakap dengan menggunakan bahasa Jepang yang komunikatif dilakukan oleh @ tim 2 orang masing-masing memainkan perannya sesuai dengan tuntutan tema percakapan.

Syarat Roleplay :

* Tema Percakapan:

Bahasa Jepang sebagai alat komunikasi di dunia usaha/industri

(disesuaikan dengan program studi keahlihan peserta/siswa SMK,)

* Waktu Presentasi maksimal 20 menit.

* Media atau peralatan lomba diadakan dan dipersiapkan oleh masing-masing Tim peserta mempersiapkan sendiri kebutuhan alat-alat penunjang/medianya. Kostum disesuakan dengan tema.

Panitia hanya menyediakan kursi dan meja yang diperlukan di atas panggung.

Materi Lomba :

* Materi Wajib : Persalaman dan memperkenalkan diri

* Materi pilihan : Tema disesuaikan dengan program studi keahlihan peserta/siswa SMK.

* Materi Roleplay sama dengan teks skenario yang diserahkan kepada panitia.

Kriteria penilaian roleplay terhadap setiap peserta/siswa (perorangan) adalah :

* Ketepatan berbahasa Jepang

Menggunakan kosakata dan kalimat sesuai dengan maknanya

Mengucapkan kosakata dan kalimat dengan lafal/intonasi bahasa Jepang

Menggunakan gramatikal bahasa Jepang sesuai dengan kaidah bahasa Jepang

Menggunakan gaya bahasa Jepang (hyougen)

* Ekspresi

Keserasian antara ekspresi/bertingkah laku dengan makna kalimat yang digunakan/diucapkan

Sesuai dengan etika berbahasa Jepang

Kelancaran berbahasa

* Kreativitas

Menggunakan bahasa lisan yang komunikatif

Terampil menggunakan media sebagai alat tepat guna

* Ketepatan menggunakan waktu antara waktu penampilan dengan durasi waktu skenario yang telah ditetapkan.

III. Wawancara

Setelah selesai presentasi, dilanjutkan dengan pertanyaan berbahasa Jepang dari setiap yuri kepada setiap peserta/perorangan.

* Kriteria penilaian dari setiap peserta/siswa adalah :

Ketepatan dan kelancaran dalam menjawab pertanyaan

Ketepatan menggunakan gramatikal dan hyougen

Intonasi

IV. MENULIS INDAH HURUF JEPANG (SHODO)

Setiap peserta wajib mengikuti lomba menulis indah huruf Jepang yang terdiri dari huruf kanji, hiragana, dan katakana. Pada waktu lomba menulis indah akan dibagikan bahan materi soal dan peralatan seperti kertas, kuas dan tinta. Peserta hanya diperbolehkan membawa koran untuk alas menulis. Lomba dilaksanakan secara bersama-sama dengan durasi waktu 60 menit.

* Kriteria penilaian untuk kegiatan SHODO adalah :

Kerapian dan kebersihan hasil karya

Keserasian huruf

Goresan awal dan akhir

Tebal-tipisnya huruf

V. Membaca (Yomikata)

Setiap peserta wajib mengikuti lomba pada tahap membaca sebuah teks berbahasa Jepang yang ditulis dengan huruf hiragana dan katakana. Teks telah ditentukan oleh panitia. Durasi waktu lomba membaca untuk masing-masing peserta adalah 5-10 menit.

* Kriteria penilaian untuk kegiatan yomikata adalah :

Kelancaran membaca (sesuai dengan waktu yang telah disediakan)

Intonasi

Dewan Juri :

1) Mr. Koroki Yostutaka (JIAEC)

2) Elvy Lunari (AGBJI)

3) Nella Rashanty (KONSORSIUM DIKNAS)

KEJUARAAN

Lomba Kompetensi berbahasa Jepang akan diberikan pada nilai peserta/perorangan untuk juara 1,2,3 dan harapan 1.

KISI-KISI SOAL LOMBA BAHASA JEPANG

1. Role play : maks 20 menit/tim

2. Wawancara : 5-10 menit/orang

3. Shodo : 60 menit

4. Membaca : 5-10 menit/orang

Lomba Roleplay

No

Kompetensi

Target Kompetensi

Jumlah Soal

1.

2.

3.

Materi Umum

» Persalaman

» Perkenalkan diri

»Memperkenalkan: Keluarga, perusahaan

»Permohonan maaf/permisi.

»Ungkapan perintah/permintaan dan penolakan

Memberikan informasi:

- Iklim dan Cuaca

- Objek suatu tempat

Bidang Pariwisata:

- Akomodasi dan transportasi

- Pemandu Wisata

- Kegiatan Perjalanan Wisata

1. Mampu melakukan persa laman dan memperkenalkan diri dengan menyebutkan perusahaan/intansinya/provinsi sesuai budaya jepang.

2. Mampu menyebutkan dan membedakan nama pribadi dan keluarga.

3. Terampil menggunakan kata-kata maaf/permisi dengan tepat (cara dan situasi).

4. Terampil menggunakan kali mat perintah permintaan dan penolakan.

5. Terampil berkomunikasi dan menyampaikan secara lisan, informasi yang berkaitan dengan tempat/lokasi, angka, penanggalan, harga, waktu dan jam.

1. Terampil berkomunikasi dan menyampaikan informasi secara lisan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan iklim dan cuaca.

2. Terampil berkomunikasi dan menyampaikan informasi secara lisan mengenai objek suatu tempat misalnya tempat wisata, lokasi gedung atau keberadaan seseorang dan suatu barang dll.

3. Terampil menyebutkan profesi seseorang dan istilah-istilah pariwisata.

1. Terampil melayani peme sanan tiket maupun pengi napan yang berkaitan dengan tamu dan lamanya menginap.

2. Terampil menyebutkan isti lah-istilah pariwisata.

3. Terampil menyebutkan pro fesi seseorang.

4. Terampil memandu kegiatan perjalanan wisata.

5. Terampil memberikan informasi pemesanan paket perjalanan wisata.

Ditentukan saat lomba

Ditentukan saat lomba

Lomba Wawancara

No

Kompetensi

Target Kompetensi

Jumlah Soal

1.

Tema percakapan disesuaikan dengan program studi keahlian

1. Terampil mengungkapkan tentang profesi dan istilah-istilah yang berkaitan dengan studi keahlihannya

2. Terampil menerapkan kosa kata/kalimat bahasa Jepang yang berkaitan dengan studi keahlihannya

Ditentukan saat lomba

Lomba Shodo

No

Kompetensi

Target Kompetensi

Jumlah Soal

1.

- Menulis Indah Huruf Jepang (Shodo)

- (dengan mengunakan alat tulis fude)

Mengenal Budaya Jepang tentang huruf-huruf dengan memahami cara menulis huruf-hurufnya.

Ditentukan saat lomba

Lomba Membaca (Yomikata)

No

Kompetensi/Sub Kompetensi

Target Kompetensi

Jumlah Soal

1.

- Membaca Teks (Yomikata)

Terampil membaca teks yang ditulis menggunakan huruf Jepang

a. Hiragana

b.Katakana

Ditentukan saat lomba